Natalius Pigai: Eksotisme Di atas Gunung dan Tebing-Tebing Terjal

0
48

JAKARTA – Danau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di kabupaten Paniai Papua. Hampir semua kecamatan di daerah ini mengikuti 8 penjuru mata angin yang melingkari Danau Paniai; sebuah danau yang terkenal memiliki panorama alam menakjubkan, alami dan terawat dengan sangat baik.

Tentang keindahan danau Paniai, sudah diakui setidaknya oleh utusan dari 157 negara ketika berlangsung konferensi danau sedunia di India tahun 2007.

Ditemukan tahun 1937 oleh pilot berkebangsaan Belanda, Frits Julius Wesel, danau yang memiliki luas sekitar 14 ribu hektar tersebut di masa lalu cepat terkenal ke seantero Eropa dan Papua. Kala itu, danau ini dikenal dengan sebutan danau Wesel atau orang-orang Wiselmeren. Wisselmeren berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti danau-danau Wissel.

Dalam perjalanannya menemukan danau nan eksotis ini, Wisel mendarat dengan pesawat diver dan tampak bagi dia dari jarak dekat pemandangan yang indah,  sebagai eksotisme diatas gunung dan tebing-tebing terjal nan menjulang serta terdapat bebatuan dan pasir ditepian danau.

Terletak tepat di jantungnya pulau Papua, anda akan melihat indahnya gunung Cartens Piramid (ngelapigupa) disisi timur matahari terbit, Lautan Arafuru yang teduh di bagian selatan, dan terlihat Pulau Anggrameus serta eksotisme teluk  cenderawasih  ketika berdiri sisi utara.

Sebagai anak yang dilahirkan di tepian Danau, aku pernah mendatangi 5 Danau terbesar di dunia: Danau Victoria/Tanggayika, Danau Tonle di Campucea, Danau Siberia, Rusia dan Danau Toba. (Natalius Pigai, 19/1/2018)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here