Bupati Paniai Temukan Cara Korupsi ‘Halus’ Yang Selama Ini Tak Diketahui BPK dan KPK

0
274

Sejak dilantik 23 November 2018 lalu, Bupati Paniai, Meki Nawipa terus melakukan berbagai langkah demi mensejahterakan masyarakatnya. Salah satunya ia telah ‘membongkar gudang’ korupsi yang dilakukan oknum tertentu belakangan ini.

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Paniai

Bupati Meki Nawipa mengatakan, pihak tertentu melakukan korupsi secara besar-besaran dengan memasukan nama pegawai honorer dalam surat keputusan (SK) sangat berlebihan sehingga sesuka mereka bisa keluarkan uang dari Bank Papua Cabang Enarotali dengan gampang.

“Kami baru temukan salah satu pintu korupsi yang tidak diketahui oleh orang, terutama oleh BPK dan KPK bahwa ada oknum tertentu yang bermain dengan pihak Bank Papua. Ini  cara halus. Mereka masukan nama pegawai honor hingga ribuan orang,” ungkap Bupati Meki Nawipa kepada wagadei.com belum lama ini.

Menurutnya, dalam satu tahun Bank Papua Cabang Enarotali mengeluarkan uang Rp 50 Miliar. “Bayangkan berapa uang yang mereka curi dalam lima tahun kalau satu tahun saja sudah Rp 50 Miliar,” ucapnya.

“Ini bukan uang kecil, ini uang milik rakyat Paniai. Orang-orang tidak bertanggung jawab sudah kuras habis. Orang-orang yang bermain itu saya sudah tahu. Sekali lagi, jangan mencuri lagi. Kalau mau curi lagi di atas tanah Paniai, lebih baik kau pulang ke kampungmu. Ya, kita harus bersihkan,” katanya tegas.

Lantaran terjadi demikian, ia telah meminta kepada semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan setempat untuk melakukan pendataan ulang.

“Karena saya tahu ada pencurian (korupsi) itu yang saya perintahkan data ulang semua pegawai honorer dalam triwulan awal,” tegasnya.

Ia mengaku, nama-nama yang dimasukan dalam daftar SK merupakan orang dari luar Papua, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Maluku juga orang asli Papua serta asli Paniai.”Tapi tidak kerja sebagai pegawai honor. Hanya sekedar nama saja untuk oknum-oknum itu mau curi uang,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here